Pantai Timang Gunungkidul nan Eksotis dan Tradisional

Pantai Timang Gunungkidul nan Eksotis dan Tradisional – Pantai Timang merupakan pantai yang lain dari pada yang lain. Kenapa? Jika Anda menginginkan pantai dengan hamparan pasir putih, daratan yang luas, berenang dan main air di tepi pantai, hal tersebut tidaklah mungkin Anda lakukan di pantai ini. Pantai Timang memiliki ujung pantai berupa jurang yang dibawahnya terdapat laut lepas dimana ombak besar siap menyambar Anda. Pastinya akan sangat mengerikan bagi Anda yang tidak berani atau takut dengan ketinggian. sajian utama dari pantai ini adalah batuan karang yang berada di tengah laut dimana untuk mencapainya Anda harus menyeberangi dengan menggunakan gondola.

Gondola yang terdapat di tempat itu juga tergolong gondola tradisional dimana tali yang digunakan merupakan tali tambang biasa, bukan tali seling atau tali khusus yang biasa digunakan untuk mengikat jembatan. Kursi yang Anda gunakan untuk menyeberangi ke batuan karang tersebut juga kursi dari kayu yang dibuat sendiri. Sehingga tidak bisa dipungkiri lagi bahwa gondola tersebut dikenal dengan nama gondola tradisional.

Gondola tradisional tersebut memang di buat oleh warga pertama kali niatnya adalah untuk memudahkan warga setempat dalam menyeberang yang ingin menangkap lobster yang sering mendekat ke batuan karang tersebut. Sehingga warga setempat bekerja sama membuat gondola tersebut untuk memudahkan dalam memanen lobster untuk dijual lagi atau dimasak.

Baca juga : Hutan Pinus Mangunan yang Cocok untuk foto pre-wedding

Tapi siapa sangka, saat ini gondola tersebut menjadi primadona bagi para wisatawan. Banyak wisatawan yang penasaran untuk mencoba gondola tersebut. bahkan gondola tersebut sampai masuk ke dalam acara reality show Korea, yaitu Running Man episode 371. Sungguh pencapaian yang luar biasa bagi pantai Timang Gunungkidul ini. Dari acara tersebut pula banyak wisatawan mancanegara yang ingin menggunakan paket wisata di Jogja Travelling untuk berkunjung ke pantai Timang karena ingin mengobati rasa penasaran mereka. Apakah Anda juga ikut penasaran untuk berkunjung ke pantai Timang Gunungkidul?

Gondola Pantai Timang

Ikon dari pantai Timang itu sendiri bukanlah pasir, air laut, dan ombaknya. Melainkan batuan karang yang berada di tengah laut dimana untuk menyeberanginya membutuhkan alat bernama gondola tradisional. Gondola pantai Timang inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang ingin menguji sejauh mana adrenalin mereka kuat ketika berada diatas laut yang cukup dalam dan dengan ombak yang cukup besar pula. Tidak sedikit pun orang yang mengurungkan niat untuk mencobanya. Tetapi tidak sedikit pula orang-orang yang penasaran dan ingin mencoba kendaraan penyeberangan tersebut untuk sampai di batuan karang di tengah laut tersebut.

Baca juga : Bukit Mojo Gumelem yang wajib dikunjungi

Bagi Anda yang sudah pernah merasakan bagaimana rasanya mengendarai gondola tradisional yang ditarik secara manual oleh penjaga gondola? Pasti antara takut, penasaran, dan ingin mencoba lagi dan lagi. Sebagian wisatawan yang sudah pernah mencoba gondola tersebut, merasa ketagihan. Mereka ingin sekali menyeberanginya walaupun mereka juga harus membayar biaya penyeberangan tersebut.

Keganasan ombak khas pantai selatan Jawa tidak akan menyurutkan niat para wisatawan ataupun warga sekitar yang ingin panen udang lobster di batuan karang tersebut. Sehingga mereka memiliki keberanian yang kuat dan pastinya rasa puas akan muncul dalam diri mereka setelah kembali ke bibir pantai Timang. Apalagi bagi warga sekitar yang pulang pasti membawa hasil tangkapan mereka yang nantinya bisa di jual ataupun di masak untuk kepentingan keluarga.  Apakah Anda tertarik makan lobster khas pantai Timang?

Pantai Timang Gunungkidul nan Eksotis dan Tradisional

Harga Pantai Timang

Bagi Anda yang penasaran mengenai berapa sich harga naik gondolanya? Kata orang-orang bayar ya? Memang untuk naik gondola tradisional, Anda akan dikenakan tarif Rp 150.000 untuk berangkat dan pulangnya. Sedangkan bagi Anda yang ingin menyeberang dengan menggunakan jembatan gantung, Anda cukup membayar Rp 100.000. kok mahal ya? Menurut Anda mahal, tetapi Anda tidak melihat perjuangan para warga sekitar yang membuat gondola dan jembatan tradisional tersebut sampai mereka mengorbankan nyawa mereka.

Uang yang Anda berikan pastinya tidak semuanya untuk foya-foya. Uang yang Anda berikan nantinya akan digunakan untuk perawatan gondola dan jembatan tersebut dan juga untuk meningkatkan taraf hidup warga sekitar pantai Timang yang hidupnya memang bergantung dari para wisatawan yang datang berkunjung.

Bagi Anda yang penasaran dan ingin berkunjung ke pantai Timang Gunungkidul, jangan lupa sebelumnya konsultasikan terlebih dahulu dengan tim Jogja Travelling. Kenapa? Karena Anda akan diberikan solusi dan kemudahan untuk mencapai tempat wisata yang Anda inginkan. Berminat? Yuk segera hubungi tim kami disini.

Artikel Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose Language