kawasan wisata hutan mangrove kulon progo - sumber phinemocom

Hutan Mangrove Kulon Progo yang Kekinian

Hutan Mangrove Kulon Progo – Jogja merupakan salah satu sasaran wisatawan disaat musim liburan. Hampir semua tempat wisata yang ada di Jogja ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Baik wisatawan dari domestik ataupun wisatawan dari mancanegara. Dari hal tersebut, Jogja serasa memiliki magnet tersendiri dari sisi pariwisata. Tidak jarang wisatawan yang dalam satu hari berhasil mengunjungi beberapa tempat wisata. Dan pastinya para pemburu tempat wisata tersebut sudah mengalokasikan sejak awal. Salah satu daerah yang ramai dikunjungi oleh wisatawan adalah daerah Kulon Progo. Dan salah satu tempat wisata yang ramai karena keindahan alamnya adalah hutan mangrove Kulon Progo.

Deskripsi Hutan Mangrove Kulon Progo

Sedikit tentang deskripsi mengenai hutan mangrove Kulon Progo. Hutan mangrove ini selalu memberikan kesan tersendiri bagi para wisatawan. Walaupun pemandangannya sama yaitu pantai, tetapi tempat ini menawarkan yang lebih. Apa itu? Hutan mangrove jawabannya. Hutan mangrove Kulon Progo ini merupakan salah satu primadona tempat wisata yang ada di Kulon Progo. Tempat wisata ini berada di kawasan Pasir Mendit, kecamatan Temon, kabupaten Kulon Progo.

hutan mangrove kulonprogo - sumber twitter jogja24jam
hutan mangrove kulonprogo – sumber twitter jogja24jam

Ada beberapa miss informasi tentang keberadaan hutan mangrove ini. Mungkin Anda pernah mendengar lokasi hutan mangrove Kulon Progo tersebut berada di daerah pantai Congot. Padahal jika Anda berkunjung ke pantai Congot, Anda tidak akan menemukan hutan mangrove yang dimaksud. Karena hutan mangrove yang dimaksud berada di daerah Kulon Progo, tepatnya di Pasir Mendit, Temon.

Sejarah Hutan Mangrove Kulon Progo

Sejarah hutan mangrove Kulon Progo dimulai sejak tahun 1989. Dimana pada tahun tersebut, telah direncanakan penanaman tanaman mangrove di hutan tersebut. Gunanya adalah sebagai sarana konservasi dan mencegah kemungkinan terjadinya abrasi. Manfaat hutan mangrove tersebut hingga saat ini kita dapat merasakannya. Coba bayangkan jika pada tahun tersebut (1989) tidak ada pencanangan mengenai hutan mangrove? Bisa dapat dipastikan air laut akan naik ke permukaan daratan. Sehingga kemungkinan terjadinya banjir air laut akan sangat besar.

kawasan wisata hutan mangrove kulon progo - sumber phinemocom
Spot foto wisata hutan mangrove – sumber phinemocom

Hingga saat ini, hutan mangrove dijadikan sebaga salah satu tempat edukatif khususnya tentang pemanfaatan tumbuhan mangrove. Namun demikian, kita juga tetap harus menjaga kelestarian hutan tersebut. karena pengorbanan para pendahulu yang ingin mengambil manfaat dari penanaman tersebut sangat luar biasa. Jangan sampai karena keegoisan kita, hutan tersebut menjadi rusak dan efeknya akan berdampak negatif bagi warga sekitar.

Baca juga : The World Landmarks Merapi Park

Spot Foto Hutan Mangrove Kulon Progo

Berikut ini, beberapa spot foto atau beberapa foto yang telah diabadikan oleh wisatawan mengenai tempat wisata hutan mangrove. Semoga dapat menginspirasi Anda untuk berkunjung ke tempat wisata tersebut.

kawasan hutan mangrove kulon progo - sumber iklantravelcom
Perjalanan di hutan mangrove – sumber iklantravelcom
kawasan hutan mangrove kulon progo - sumber explorewisatacom
Spot foto di hutan mangrove – sumber explorewisatacom
kawasan hutan mangrove kulon progo - sumber edisaswordpresscom
Menara di hutan mangrove – sumber edisaswordpresscom

Tiket Masuk Hutan Mangrove Kulon Progo

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke hutan mangrove harus membayar tiket masuk. Emang berapa kita harus bayar tiket masuk hutan mangrove Kulon Progo? Untuk masuk ke dalam area konservasi, Anda hanya akan dipungut sebesar Rp 3.000 per orang. Tinggal dikalikan saja, jika Anda bersama beberapa orang. Nah, kemudian jika Anda membawa kendaraan berupa motor, Anda akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000 per kendaraan. Sedangkan untuk mobil, Anda akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 per kendaraan. Cukup murah bukan? Pastilah tidak akan membuat kantong Anda bolong. Dan Anda pun akan dapat menikmati keindahan tempat wisata tersebut sepuasnya.

Baca juga : Curug Kedung Pedut yang Memiliki Air Ajaib

Lokasi Hutan Mangrove Kulon Progo

Lokasi hutan mangrove Kulon Progo berada di dusun Pasir Mendit, desa Jangkaran, kecamatan Temon, kabupaten Kulon Progo. Bagi Anda yang kekinian, pastilah Anda akan memanfaatkan aplikasi google maps, untuk mecarinya. Nah, untuk mempermudah Anda dalam mencari lokasi hutan mangrove tersebut, silahkan klik disini. Dan jika Anda masih merasa bingung, silahkan lihat peta dibawah ini. Dan semoga Anda akan lebih paham perjalanan ke lokasi hutan mangrove ini.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat wisata hutan mangrove Kulon Progo, Jogja Travelling siap menemani Anda. Perjalanan wisata Anda dengan kami akan terasa sangat menyenangkan. Apalagi jika Anda ingin berkunjung ke tempat wisata lainnya selain hutan mangrove Kulon Progo. Kami akan siap membantu dan menemani perjalanan wisata Anda selama berada di Jogja. Untuk lebih jelas dan lengkapnya, silahkan hubungi kami disini.

Artikel Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose Language