puncak gunung gedhe - sumber fotoku-ceritakublogspotcom

Gunung Nglanggeran, Wisata Gunung Api Purba

Gunung Nglanggeran, Wisata Gunung Api Purba – Jogja memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Tempat wisata tersebut yang dapat memikat hati para wisatawan agar datang lagi ke Jogja. Kekayaan alam yang melimpah dan masih ada beberapa tempat wisata tersembunyi merupakan tempat wisata yang perlu Anda jelajahi.  Beberapa tempat wisata yang sedang nge-hits adalah air terjun Sri Gethuk, hutan pinus Pengger, hutan mangrove Kulonprogo, The World Landmarks Merapi Park,dan masih banyak lagi. Salah satu tempat wisata yang sedang naik daun adalah Gunung Nglanggeran yang merupakan gunung api purba.

Deskripsi Gunung Nglanggeran

Gunung Nglanggeran merupakan gunung api yang dahulu pernah aktif seperti gunung api lainnya. Meurut penelitian aktifitas gunung api purba ini terjadi sekitar 60 hingga 70 juta tahun yang lalu. Sudah lama sekali ya? Saat ini, gunung api Nglanggeran sudah tak lagi aktif alias sudah tertidur hingga waktu yang tidak ditentukan.

gunung nglanggeran gunungkidul - sumber panduanwisatajogjacom
gunung api nglanggeran gunungkidul – sumber panduanwisatajogjacom

Jika Anda datang ke tempat wisata ini, Anda serasa tidak berada di gunung yang idealnya berbentuk kerucut dan memiliki kawah. Akan tetapi, saat ini gunung api ini berbentuk seperti gugusan batuan raksasa yang menjulang tinggi dengan ditumbuhi berbagai jenis tumbuhan seperti layaknya dikubur oleh tumbuhan alam tersebut.

Sejarah Gunung Nglanggeran

Menurut cerita, gunung ini dahulunya merupakan gunung yang berada di dasar laut. berarti dulu Jogja juga berada di dasar laut dong? Dengan adanya fenomena alam dan dalam kurun waktu yang sudah lama sekali, menjadikan gunung api purba ini muncul ke permukaan seperti yang dapat kita lihat sekarang ini. Gunung api purba ini memiliki puncak yang diberi nama dengan nama gunung Gedhe. Gunung Gedhe memiliki ketinggian sekitar 700 meter diatas permukaan laut. Sedangkan, luas gunung api purba sendiri secara keseluruhan sekitar 48 hektar.

pemandangan dari gunung nglanggeran - sumber veronikadiahkusumawatiblogspotcom
pemandangan dari gunung api nglanggeran – sumber veronikadiahkusumawatiblogspotcom

Menurut cerita yang diwariskan secara turun temurun oleh warga sekitar, gunung ini berasal dari kata “nglanggar” atau artinya dalam bahasa Indonesia adalah melanggar. Dahulu, warga sekitar gunung api Nglanggeran ini pernah mengundang seorang dalang untuk melakukan syukuran atas hasil panen yang melimpah. Akan tetapi, saat sang dalang pergi untuk beristirahat, warga sekitar ada yang memainkan wayang yang dibawa oleh sang dalang dengan sengaja. Sehingga ada wayang yang mengalami kerusakan dan ditinggalkan begitu saja.

Melihat ada wayang yang rusak, dalangpun marah dan mencari siapa yang merusak wayang si dalang tersebut. Sang dalang mengutuk beberapa warga sekitar menjadi wayang yang dibuang di kawasan gunung api Nglanggeran.

Apakah cerita tersebut berkaitan dengan sejarah gunung Nglanggeran? Sampai detik ini cerita ini tetaplah menjadi legenda warga sekitar. walaupun kebenaranya juga tidak dapat dibuktikan 100 persen. Warga sekitar meyakini bahwa gunung api Nglanggeran dijaga oleh sesosok makhluk halus bernama Kyai Ongko Wijoyo dan tokoh pewayangan yang diantaranya Semar, Gareng, Petruk, Bagong.

Fasilitas Gunung Nglanggeran

Sesampainya di Gunung api Nglanggeran, terdapat fasilitas yang dapat Anda manfaatkan untuk melakukan segala aktifitas di gunung api ini. Beberapa fasilitas tersebut yang dapat Anda manfaatkan adalah :

  • Lahan parkir
  • Pusat kuliner
  • Pusat jajanan (oleh-oleh)
  • Jalur pendakian
  • Pemandu
  • Camping ground
  • Homestay
  • Musholla
  • Toilet
  • Ruang pertemuan
  • Pos kesehatan
  • Pos informasi
jalan setapak gunung api nglanggeran - sumber maioloocom
jalan setapak gunung nglanggeran – sumber maioloocom

Semua fasilitas tersebut dapat Anda akses demi kelancaran perjalanan wisata Anda selama berada di gunung  api Nglanggeran Gunungkidul.

Lokasi Gunung Nglanggeran

Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata ini, Anda harus melakukan perjalanan ke timur kota Jogja. Karena tempat wisata ini berada di desa Nglanggeran, kecamatan Patuk, kabupaten Gunungkidul. Untuk memudahkan perjalanan Anda menuju tempat wisata tersebut, silahkan klik disini untuk mendapatkan lokasi tempat wisata tersebut. Jika Anda cukup untuk melihat peta, silahkan lihat peta dibawah ini.

Harga Tiket Gunung Nglanggeran

puncak gunung gedhe - sumber fotoku-ceritakublogspotcom
puncak gunung gedhe – sumber fotoku-ceritakublogspotcom

Bagi Anda yang ingin berwisata ke gunung api Nglanggeran Gunungkidul, Anda hanya cukup membawa uang secukupnya saja. karena harga tiketnya pun tidak terlalu mahal. Harga tiket masuk gunung api Nglanggeran ini memilki dua macam, yaitu tiket siang dan tiket malam. Untuk tiket siang, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 15.000 per orang. Dan untuk malam hari, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 20.000 per orang. Untuk biaya parkir sendiri, Anda hanya akan dipungut uang sebesar Rp 3.000 untuk tiap motor dan Rp 5.000 untuk tiap mobil yang Anda gunakan berwisata ke tempat wisata tersebut.

Wisata Gunung Nglanggeran Bersama Jogja Travelling

Jogja Travelling siap membantu perjalanan wisata Anda selama berada di Jogja. Baik menuju tempat wisata Gunung Nglanggeran Gunungkidul atau ke tempat wisata lain seputar Jogja. Kenapa Anda harus memilih Jogja Travelling? Jogja Travelling siap membantu Anda kapan saja dan kemana saja Anda inginkan. Anda pun dapat request untuk mengunjungi tempat wisata mana saja yang Anda inginkan. Kami mengedepankan fleksibilitas dan kepuasan pelanggan sehingga perjalanan wisata Anda memiliki dampak positif bagi Anda dan keluarga. Untuk mendapatkan layanan paket dari Jogja Travelling, silahkan hubungi kami disini.

Artikel Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose Language