tlatar seneng tebing breksi - sumber piknikdongcom

Tebing Breksi, Salah Satu Peninggalan Sejarah Gunung Purba

Tebing Breksi, Salah Satu Peninggalan Sejarah Gunung Purba – Berbicara mengenai tempat wisata di Jogja pasti tidak akan ada habisnya. Karena banyak sekali tempat wisata di Jogja yang memiliki keunikannya masing-masing. Diantaranya adalah Pantai Parangtritis Bantul, Gembira Loka Zoo, Gunung Nglanggeran, Air Terjun Sri Gethuk, pantai Depok Bantul, dan masih banyak lagi. Keunikan tersebut yang membuat tempat wisata memiliki wisatawan fanatik tersendiri pula.

tebing breksi

Di Jogja, setiap tahunnya selalu ada saja tempat wisata yang di resmikan dan di buka untuk umum. Hal ini menjadi salah satu misi Jogja untuk meningkatkan pemasukan dari sektor pariwisata. Tidak heran, bahwa sektor pariwisata memiliki andil besar dalam memberikan pemasukan bagi daerah. Oleh karena itu, kemajuan tempat wisata menjadi salah satu misi tersendiri dari tiap daerah. Salah satu tempat wisata yang sedang naik daun adalah Tebing Breksi.

Deskripsi Tebing Breksi

Tebing Breksi saat ini menjadi salah satu tempat wisata populer di Jogja. Pada awalnya tempat ini merupakan kompleks pertambangan batu putih. Kegiatan pertambangan ini dikelola oleh warga sekitar dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan warga. Tebing ini tidaklah terbentuk secara alami. Melainkan, karena adanya aktifitas penambangan yang dilakukan oleh warga sekitar.

Sejarah Tebing Breksi

tlatar seneng tebing breksi - sumber piknikdongcom
tlatar seneng tebing breksi – sumber piknikdongcom

Tebing Breksi sebelum menjadi tempat wisata, dahulu adalah tempat penambangan warga sekitar. Setelah terjadi penelitian mengenai batuan di tebing tersebut oleh para peneliti geologi, kegiatan penambangan dihentikan. Hal ini dikarenakan hasil dari penelitian tersebut adalah bahwa batuan yang ada di tebing tersebut merupakan endapan dari abu vulkanik. Endapan abu vulkanik tersebut berasal dari gunung api purba Nglanggeran. Oleh karena itu, sejak saat di rilis hasil penelitian menyatakan bahwa lokasi tersebut dijadikan tempat cagar budaya alam yang harus dilindungi.

Tebing Breksi Saat Ini

Setelah dinyatakan ditutup tambang batu putih tersebut, kehidupan warga sekitar tebing ini menjadi lesu. Faktor keuangan menjadi salah satu permasalahan mereka. Kemudian muncul ide menjadikan lahan bekas penambangan tersebut sebagai tempat wisata. Dan ide ini pun berhasil meningkatkan lagi gairah warga sekitar untuk kembali mencari rejeki dari lokasi ini. Walaupun dengan jalan yang lain.

Memang jika dilihat dari tempat ini, pemandangan yang terhampar luas di sekitar tebing breksi sangatlah cantik. Hasil pahatan tebing pun ternyata memiliki nilai artistik sendiri yang menjadikan tebing ini sebagai salah satu tempat wisata. Dan ini pun menjadi tempat wisata baru yang berupa tebing batuan putih yang ada di Jogja.

spot foto tebing breksi - sumber beritagarid
spot foto tebing breksi – sumber beritagarid

Sekarang, tebing breksi telah berevolusi menjadi salah satu tempat wisata populer di Jogja. Hal ini pastilah ada andil dari warga sekitar yang tergerak menjadikan lahan bekas penambangan tersebut berevolusi menjadi tempat wisata. Untuk mendukung peningkatan layanan bagi para wisatawan, dibangunkanlah sarana dan prasarana yang dapat membantu meningkatkan wisatawan yang datang ke kawasan ini.

Fasilitas Tebing Breksi

Beberapa fasilitas yang telah berhasil dibangun, menjadikan salah satu minat wisatawan untuk datang ke sini. Salah satu pendukung atau fasilitas yang dapat meningkatkan kedatangan wisatawan adalah dengan adanya Tlatar Seneng. Tlatar seneng merupakan panggung terbuka yang dapat digunakan sebagai tempat pagelaran pentas seni ataupun acara-acara khusus lainnya. Dengan konsep tempat duduk yang setengah melingkar, menjadikan panggung tersebut dapat terlihat dari berbagai sisi.

Berikut ini beberapa fasilitas yang dapat Anda manfaatkan ketika berada di sini.

  • Tlatar Seneng (Panggung Terbuka)
  • Spot foto
  • Jeep wisata
  • Mushola
  • Food Court
  • Tempat parkir luas
  • Toilet

Beberapa fasilitas tersebut sebenarnya akan terus dikembangkan. Perkembangan fasilitas yang ada pun bertujuan untuk meningkatkan kunjungan para wisatawan ke tempat wisata ini.

Lokasi Tebing Breksi

Tempat wisata ini memang tidak berada di tengah kota Jogja, tepatnya berada di sebelah timur kota Jogja. Akan tetapi, kawasan ini masih berada di zona wisata daerah Sleman Timur. Dimana di sekitarnya juga terdapat beberapa tempat wisata lainnya. Diantara tempat wisata yang berada dekat dengan Tebing Breksi adalah Istana Ratu Boko, candi Ijo, candi Prambanan, Lava Bantal, dan masih banyak lagi.

tebing breksi jogja - sumber unycommunitycom
tebing breksi jogja – sumber unycommunitycom

Tempat wisata ini beralamat di desa Sambirejo, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman. Untuk sampai ke tempat ini, Anda dapat klik disini untuk mendapatkan lokasi tempat wisata di google maps. alternatif lainnya adalah Anda dapat melihat peta dibawah ini.

Harga Tiket Masuk Tebing Breksi

Untuk saat ini, Anda berwisata ke tempat wisata ini tidaklah dipungut biaya alias gratis. Anda cukup membayar sukarela saja dimana uangnya dimanfaatkan untuk peningkatan fasilitas tempat wisata dan juga untuk meningkatkan kehidupan warga sekitar. Jadi, bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat ini tidak perlu khawatir. Anda dapat memberinya secara sukarela. Tetapi, bukannya tidak harus membayar juga. Anda tetap perlu membayarnya. Kenapa? Karena uang tersebut dapat bermanfaat bagi para pengelola dan juga peningkatan fasilitas tempat wisata.

Wisata Tebing Breksi Bersama Jogja Travelling

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Tebing Breksi dan tidak mau repot dan susah payah, silahkan hubungi Jogja Travelling. Karena kami telah berpengalaman untuk mengantarkan wisatawan ke berbagai tempat wisata di Jogja dan sekitarnya. Selain itu, Anda juga dapat berwisata ke selain Tebing Breksi atau Anda juga dapat request tempat wisata mana saja yang akan Anda kunjungi. Jangan lupa, jika ke Jogja hubungi tim Jogja Travelling disini ya.

Artikel Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose Language