Tamansari Jogja, Saksi Bisu Sejarah Sejak Jaman HB I

Tamansari Jogja, Saksi Bisu Sejarah Sejak Jaman HB I – Jogja memiliki berbagai tempat wisata yang wajib untuk Anda kunjungi. Dengan  banyaknya tempat wisata di Jogja, menjadikan Jogja merupakan salah satu kota wisata. Banyak kota yang memiliki julukan kota wisata, diantaranya Bali, Bandung, Malang, Lombok, dan lain sebagainya.

Jogja memiliki beberapa tempat wisata yang unik dan wajib Anda kunjungi selama berada di Jogja. Selain Tamansari Jogja yang akan kita bahas kali ini, ada beberapa tempat wisata lain yang tak kalah kerennya. diantaranya adalah Tebing Breksi, Jogja Bay Waterpark, hutan pinus Pengger, selfie park Taman Pule, de Arca XT Square, dan masih banyak lagi. Jogja memang gudangnya tempat wisata keren yang wajib Anda kunjungi.

Setiap daerah pasti memiliki tempat atau bangunan kuno yang hingga saat ini masih tetap berdiri. Bangunan kuno yang hingga saat ini masih berdiri, memiliki cerita tersendiri. Dan pastinya bangunan tersebut memiliki kenangan di setiap masa yang dilewati. Bangunan kuno yang hingga saat ini masih berdiri tegak harus dilestarikan dan dijaga agar tetap kokoh dan menjadi salah satu peninggalan sejarah yang bisa dipelajari oleh anak keturunan kita.

Deskripsi Tamansari Jogja

Bangunan indah ini bernama Tamansari Jogja. Bangunan ini merupakan istana air yang berada di wilayah Keraton Ngayogyokarto Hadiningrat. Dimana dahulu tempat ini dijadikan sebagai tempat pemandian keluarga raja Keraton Ngayogyokarto.

Saat ini bangunan ini digunakan sebagai bangunan cagar budaya yang dapat dimasuki oleh umum. Anda yang ingin melihat berbagai kenangan didalamnya, silahkan untuk masuk dan diharapkan tetap menjaga norma sopan santun ketika berada di dalam kawasan Tamansari Jogja.

Beberapa bangunan yang masih berdiri dan dapat Anda masuki hingga sekarang diantaranya adalah kolam pemandian, pulau buatan, danau buatan, taman, lorong bawah tanah, jembatan gantung, kanal air masjid, dan masih ada beberapa bangunan lainnya dengan rancangan khas arsitektur dunia pada waktu itu.

Berbagai tempat yang masih ada bisa dapat Anda manfaatkan sebagai latar untuk berfoto selfie. Pastinya bangunan ini sangat cocok bagi Anda foto-foto dan sangat instagramable. Walaupun bangunan ini sudah tidak dilakukan penambahan dan perubahan, tetapi bangunan yang masih kokoh ini memiliki nilai seni sehingga para wisatawan senang sekali foto-foto di beberapa spot yang ada di dalam kawasan Tamansari jogja.

Sejarah Tamansari Jogja

Bangunan ini memang sudah berdiri sejak lama. Menurut sejarah, bangunan ini dibangun pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono I. Pembangunan istana air Tamansari ini dilakukan pada tahun 1758 sampai 1765.

Kawasan ini merupakan peninggalan kerajaan Jawa yang saat ini sudah menjadi bangunan cagar budaya yang harus dirawat dan dilestarikan keberadaannya. Istana air Tamansari Jogja berdiri di atas lahan seluas 10 hektar dengan 57 bangunan yang ada di dalamnya.

Fasilitas Tamansari Jogja

Setiap tempat wisata pasti berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para wisatawan yang datang. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan fasilitas dan pelayanan. Untuk fasilitas di Tamansari Jogja memiliki :

  • Tempat parkir
  • Penginapan
  • Pemandu wisata
  • Tempat makan
  • Toko Cinderamata

Dengan fasilitas tersebut, pastinya Anda akan merasa betah untuk berlama-lama berada di tempat wisata Tamansari Jogja. Apalagi dengan kondisi baterai smartphone Anda dalam keadaan penuh.

Lokasi Tamansari Jogja

Tempat wisata kompleks Tamansari Jogja, beralamat di jalan komplek Taman Sari, Kraton, Patehan Jogja. Pasti Anda yang sering ke Jogja sudah mengetahui apa sich Tamansari dan lain sebagainya.bagi Anda yang ingin berkunjung ke Tamansari dengan kendaran pribadi, silahkan klik disini untuk mendapatkan lokasi tersebut di google maps. Atau jika tidak, silahkan lihat peta di bawah ini.

Foto Dokumentasi Tamansari Jogja

Berikut ini beberapa foto yang sempat diabadikan oleh para wisatawan yang beredar di jagad maya.

tamansari jogja - sumber sobatjogjacom
lorong tamansari – sumber sobatjogjacom
tamansari jogja - sumber balistarislandcom
lorong tamansari – sumber balistarislandcom
tamansari jogja - sumber idetripscom
pintu masuk tamansari – sumber idetripscom
tamansari jogja - sumber idwikipediaorg
tempat pemandian tamansari – sumber idwikipediaorg
tamansari jogja - sumber jogjaspacecom
tamansari – sumber jogjaspacecom
tamansari jogja - sumber noyvestonet
kolam pemandian tamansari – sumber noyvestonet

Harga Tiket Tamansari Jogja

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat ini, jam operasional bangunan cagar budaya ini dimulai pukul 8 pagi hingga 2 siang. Dimana setiap wisatawan yang datang ke tempat ini akan dikenakan harga tiket masuk seharga :

Senin – Minggu : Rp 5.000 / orang ( wisatawan lokal)

Senin – Minggu : Rp 7.000 /  orang (wisatawan asing)

Senin – Minggu : Rp 25.000 / orang (dengan menggunakan tour guide)

Harga yang tidak terlalu membunuh khan? Dan harga tersebut sebenarnya dianggap wajar apalagi sudah termasuk murah dengan apa yang akan Anda dapatkan ketika berada di dalam kawasan Tamansari.

Wisata Tamansari Jogja dengan Jogja Travelling

Jogja Travelling dengan senang hati membantu Anda dalam perjalanan wisata selama di Jogja. Ketika Anda di Jogja jangan lupa hubungi kami disini. Kami dapat pastikan bahwa Anda akan merasa puas dan senang karena pelayanan kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan. Dengan demikian ketika Anda merasa puas, kami pun bahagia.

Artikel Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose Language