pintu masuk museum benteng vredeburg - sumber vredeburgid

Museum Benteng Vredeburg Jogja

Museum Benteng Vredeburg Jogja – Jogja memiliki banyak tempat wisata. Salah satu cabangnya adalah tempat wisata sejarah. Di Jogja yang merupakan salah satu kota tujuan penjajah pada waktu itu, menjadikan Jogja memiliki banyak cerita. Cerita tentang perlawanan masyarakat Jogja dalam mengusir penjajah dari tanah Jogja. Hal ini diperkuat juga dengan terdapat beberapa museum sejarah yang ada di Jogja. Dimana tiap museum tersebut memiliki cerita tersendiri mengenai perjuangan masyarakat Jogja dalam mengusir penjajah.

pintu masuk museum benteng vredeburg - sumber vredeburgid
pintu masuk museum benteng vredeburg – sumber vredeburgid

Dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai museum Benteng Vredeburg yang berada di tengah kota Jogja. Tempat ini sangat strategis, sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke titik nol kilometer atau kawasan Malioboro berkunjung ke museum Benteng Vredeburg untuk mengenang perlawanan masyarakat Jogja.

Sejarah Museum Benteng Vredeburg

Benteng  Vredeburg merpakan bangunan peninggalan penjajah Belanda yang terdapat di wilayah Jogja. Benteng ini sangat terkenal karena memiliki nilai sejarah yang tinggi dan merpakan bangunan yang masih tergolong lengkap bangunannya hingga saat ini.

salah satu bagian dalam gedung di vredeburg - sumber belajarkemdikbudgoid
salah satu bagian dalam gedung di vredeburg – sumber belajarkemdikbudgoid

Sebelum mejadi nama Vredeburg, benteng ini berama Rustenburg yang memiliki arti “Benteng Peristirahatan”. Bangunan ini dibangun pada tahun 1760. Sejak saat itu, benteng tersebut digunakan Belanda untuk melawan pergerakan masyarakat Jogja dan kerajaan Jogja. Hal ini karena pihak penjajah melakukan penghianatan terhadap raja Jogja pada waktu itu yaitu Hamengkubuwono I.

Pada tahun 1760 hingga 1830, bangunan tersebut digunakan sebagai benteng pertahanan penjajah Belanda. Keudian pada tahun 1830 hingga 1945 sempat digunakan sebagai markas militer Belanda dan diteruskan oleh Jepang. Pada saat itu, benteng tersebut sebagai saksi bisu kejahatan penjajah Belanda terhadap masyarakat Jogja. Dan sejak tahun 1945 hingga 1977 sempat digunakan sebagai markas militer ABRI.

Sejah tahun 1977 hingga sekarang, bangunan tersebut dimanfaatkan sebagai museum Benteng Vredeburg. Di dalam kawasan benteng Vredeburg, masih banyak terdapat bangunan yang memiliki ciri khas bangunan colonial Belanda tempo dulu yang masih dipertahankan hingga saat ini.

Lokasi Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg berada di jalan Jendral Achmad Yani no 6 Jogja. Bangunan ini berada di sisi paling selatan jalan Malioboro dan lokasinya berada di dekat dengan titik nol kilometer. Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Malioboro, pasar Beringharjo, titik nol kilometer, alun-alun utara Jogja, taman pintar, Tamansari Jogja, ataupun keraton Jogja jangan lupa untuk mampir ke sini. Selain menjadi tempat wisata sejarah, tempat ini pun digunakan sebagai tempat wisata edukasi baik bagi anak-anak maupun dewasa. Tempat ini sangat welcome bagi siapa saja yang datang kesini.

Kunjungi Juga : Tebing Breksi, Museum Ullen Sentalu, Jogja Bay Waterpark

Bagi Anda yang masih kebingungan untuk berkunjung ke tempat ini, silahkan hubungi tim Jogja Travelling untuk mengantarkan Anda berwisata di Jogja dan sekitarnya. Baik ke museum Benteng Vredeburg ataupun ke tempat wisata lainnya di Jogja dan sekitarnya.

bagian dalam benteng vredeburg - sumber vredeburgid
bagian dalam benteng vredeburg – sumber vredeburgid

Bagi Anda yang ingin berkunjung sendiri ke tempat wisata museum Benteng Vredeburg, silahkan klik disini untuk mendapatkan lokasi tempat wisata tersebut. Atau Anda dapat meliihat di peta dibawah ini.

Fasilitas Museum Benteng Vredeburg

Selain berupa bangunan yang masih terlihat asli, beberapa fasilitas dibawah ini memiliki peran juga untuk menyedot minat wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata ini. Apa saja fasilitas museum Benteng Vredeburg? Yuk lanjutkan membacanya.

  • Ruang Pertunjukan
  • Perpustakaan
  • Ruang Tamu
  • Audio Visual & Ruang Belajar Kelompok
  • Ruang Seminar, Diskusi, Pelatihan dan Pertemuan
  • Hotspot gratis
  • Kamar mandi
  • Mushola
  • Pemandu

Harga Tiket Museum Benteng Vredeburg

Untuk dapat menikmati segala hal wisata di museum Benteng Vredeburg, Anda akan dipungut biaya harga tiket museum Benteng Vredeburg. Berapa biayanya? Yuk simak biayanya dibawah ini.

  • Dewasa: Rp 3.000,-
  • Dewasa Rombongan Rp 2.000,-
  • Anak Rp 2.000,-
  • Anak-anak Rombongan: Rp.1.000,-
  • WNA Rp 10.000,-

Harga diatas sewaktu-waktu dapat berubah tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu. Pada intinya, untuk dapat menikmati wisata sejarah ini, Anda tidak perlu membayar mahal. Apalagi untuk para pelajar yang dapat meningkatkan ilmu pelajaran mereka.

Wisata Museum Benteng Vredeburg Bersama Jogja Travelling

rindangnya pemandangan dalam kawasan benteng vredeburg - sumber info-jogjacom
rindangnya pemandangan dalam kawasan benteng vredeburg – sumber info-jogjacom

Jogja Travelling siap membantu perjalanan Anda baik ke museum Benteng Vredeburg ataupun ke tempat wisata lainnya. Kami siap mengantarkan Anda kemana saja dan kapan saja Anda butuhkan. Karena itu, Jogja Travelling siap menerima permintaan perjalanan wisata ataupun rental mobil Jogja khusus bagi Anda.

Kunjungi juga : Gunung Nglanggeran, Air Terjun Sri Gethuk, Hutan Mangrove Kulon Progo

Bagi Anda yang ingin menggunakan jasa kami, silahkan hubungi kami disini. Kepuasan Anda merupakan prioritas utama bagi kami untuk selalu berkembang melayani para wisatawan yang berkunjung ke Jogja dan sekitarnya.

Artikel Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose Language