candi prambanan

Candi Prambanan, Misteri Roro Jonggrang Masa Lalu

Candi Prambanan, Misteri Roro Jonggrang Pada Masa Lalu – Indonesia memiliki banyak tempat wisata. Salah satu kota yang memiliki tempat wisata yang cukup banyak adalah Jogja. Jogja memiliki beberapa tempat wisata yang telah di klaim oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia. Warisan tersebut sampai saat ini masih saja berdiri tegak dan harus selalu dijaga keberadaannya. Candi ini telah menjadi warisan dunia sejak tahun 1991. Oleh karena itu, sudah sewajarnya pemerintah ikut campur dalam merawat dan melestarikan warisan budaya tersebut.

candi prambanan

Sebagai wisatawan pun kita juga harus menjaga dan melestarikan tempat wisata tersebut. Kenapa? Karena tempat tersebut tidak hanya urusan tugas pemerintah dan pengelola dalam melestarikan. Akan tetapi, wisatawan juga harus menjaga kebersihan dan kenyamanan terhadap tempat wisata tersebut.

Tempat wisata lain yang wajib dikunjungi : Tebing Breksi, Air Terjun Sri Gethuk, Museum Benteng Vredeburg

Sejarah Candi Prambanan

Ketika Anda bertanya terkait sejarah Candi Prambanan pasti tidak akan lepas dengan cerita Roro Jonggrang. Candi Prambanan dibangun pada tahun 850 M oleh Rakai Pikatan dari Wangsa Sanjaya. Dimana bangunan ini dibangun sebagai “tandingan” dari Candi Borobudur yang merupakan situs peninggalan Wangsa Syailendra.

sunset di prambanan - sumber anekatempatwisatacom
sunset di prambanan – sumber anekatempatwisatacom

Menurut Prasasti Shivagrha, bangunan ini dahulu digunakan untuk penghormatan kepada Dewa Siwa yang merupakan dewa tertinggi. Candi ini merupakan candi terbesar di kawasan candi Prambanan, dimana candi di sekitarnya merupakan candi kecil-kecil. Sehingga candi tersebut menjadi tempat utama dalam penyelenggaraan upacara sakral bagi umat Hindu.

Fasilitas Candi Prambanan

Bagi Anda yang berkunjung ke tempat wisata Candi Prambanan, tidaklah perlu risau dengan fasilitas yang ada. Karena tempat wisata yang sudah terkenal di dunia ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap bagi para wisatawan berbagai usia. Beberapa fasilitas yang terdapat disini diantaranya :

  • Tempat parkir
  • Masjid
  • Warung cindera mata
  • Restoran (tempat makan)
  • Kamar mandi (WC)
  • Dan lain sebagainya

Fasilitas yang dimiliki tempat wisata ini sangat lengkap dan pastinya akan membuat Anda betah berlama-lama berada di tempat wisata ini.

Lokasi Candi Prambanan

Apakah Anda pernah berkunjung ke Candi Prambanan? Jika belum, tempat wisata sejarah ini berada di desa Prambanan, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman. Candi ini berbatasan langsung dengan Jawa Tengah di sisi timur Jogja yang merupakan kabupaten Klaten. Jadi jika Anda ingin berkunjung ke tempat ini tidaklah sulit. Karena berada di pinggir jalan Jogja – Solo.

pemandangan kawasan candi prambanan - sumber rentalmobiljogjaid
pemandangan kawasan candi prambanan – sumber rentalmobiljogjaid

Bagi Anda yang masih merasa bingung untuk berkunjung ke tempat wisata ini, silahkan klik disini untuk mendapatkan titik lokasi tempat wisata Candi Prambanan. Atau jika Anda masih kebingungan, silahkan lihat peta dibawah ini tentang tempat wisata ini. Atau jika Anda tidak mau beribet untuk berwisata di Jogja dan sekitarnya, Anda dapat menghubungi tim Jogja Travelling disini. Karena kami siap melayani Anda perjalanan wisata selama di Jogja.

Harga Tiket Candi Prambanan

Untuk harga tiket masuk Candi Prambanan, sebenarnya tidaklah mahal. Karena apa yang Anda dapat di dalam akan lebih indah dibandingkan dengan uang Anda untuk membayar tiket tersebut. Berikut ini daftar harga tiket masuk candi yang dapat Anda lihat.

  • Domestik – Dewasa : Rp 40.000 / orang
  • Domestik – Anak : Rp 20.000 / orang
  • Asing – Dewasa : USD 18 / orang
  • Asing – Anak : USD 9 / orang

Harga diatas sewaktu-waktu dapat berubah tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu.

Wisata Candi Prambanan dengan Jogja Travelling

Jogja Travelling siap membantu Anda dalam hal perjalanan wisata selama berada di Jogja. Anda mau kemana? Kami siap melayani perjalanan wisata Anda dengan pelayanan full. Pastinya kepuasan Anda merupakan orientasi utama kami. Jadi segala hal yang berkaitan dengan pelayanan kami terhadap Anda merupakan keutamaan kami. Yuk, untuk mendapatkan informasi seputar harga dan promo, silahkan hubungi kami disini.

Recent Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose Language