Kraton – Tamansari – Malioboro – Alun Alun Kidul

paket wisata kraton tamansari malioboro alkid
Kraton – Tamansari – Malioboro – Alun Alun Kidul
450000

Kraton Yogyakarta

kraton yogyakarta

Kraton Yogyakarta merupakan istana Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Kraton saat ini ditinggali oleh Raja Yogyakarta beserta keluarganya. Walaupun kesultanan tersebut telah sudah menjadi bagian dari Republik Indonesia pada tahun 1950 akan tetapi kompleks bangunan keraton masih difungsikan sebagai tempat tinggal sultan dan keluarganya. Walaupun sebagai tempat tinggal, wisatawan baik domestik maupun mancanegara dapat berkunjung ke dalamnya. Karena bangunan kraton merupakan salah satu obyek wisata yang ada di Jogja yang dapat dikunjungi oleh umum. Di dalam komplek kraton terdapat museum penyimpanan berbagai macam koleksi, diantaranya replika pusaka kraton, gamelan, kereta kencana, dan masih banyak lagi.

Tamansari

tamansari yogyakarta

Tamansari dahulunya merupakan tempat pemandian bagi keluarga kraton. Tempat ini masih berada dalam lingkungan kraton. Bangunan ini dibangun pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono I pada tahun 1758 hingga 1765. pada awalnya, tempat ini memiliki luas sekitar 10 hektar dan memiliki 57 bangunan yang berupa gedung, kolam pemandian, kanal air, jembatan gantung, lorong bawah air, dan lain sebagainya. Bangunan yang mendapat sebutan “The Fragrant Garden” ini digunakan sejak tahun 1765 hingga 1812 dimana bangunan ini membentang dari barat daya komplek keraton hingga komplek magangan. Akan tetapi, pada saat ini seperti yang Anda lihat hanyalah sedikit bangunan yang masih berdiri yang berada di barat daya kompleks keraton saja tepatnya di daerah belakang pasar Ngasem.

Malioboro

malioboro yogyakarta

Siapa yang tidak tau Malioboro? Tempat ini merupakan salah satu tujuan utama para wisatawan baik domestik maupun mancanegara ketika berkunjung ke Jogja. Dengan konsep terbaru yang di sulap oleh pemerinta Jogja, lahan parkir yang tadinya berada di sepanjang jalan Malioboro sekarang sudah menjadi area para pejalan kaki yang ingin menikmati keindahan sepanjang jalan Malioboro. Pastinya Anda ingin khan berjalan-jalan di tempat ini sambil menghabiskan waktu berada di Jogja. Saat ini sepanjang jalan Malioboro sangat ramah kepada para pejalan kaki. Nyatanya adalah banyak seniman pun yang ada di tempat tersebut yang akan selalu menghibur para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Pastinya akan memberikan nuansa berbeda kepada Anda sehingga akan membekas rasa kangen untuk kembali lagi ke Jogja.

Alun-alun Kidul

alun-alun kidul yogyakarta

Alun-alun kidul atau yang biasa disebut oleh masyarakat sebagai alkid ini merupakan tempat istirahat atau palereman bagi para Dewa pada mitos jaman dahulu. Pada saat itu alkid masih digunakan untuk acara-acara tertentu yang diantaranya adalah :

  • Setonan : latihan ketangkasan menunggangi kuda
  • Manahan : lomba memanah dengan posisi duduk bersila. Atau yang biasa disebut dengan jemparingan
  • Rampok macan : lomba mengadu harimau
  • Masangin : latihan konsentrasi berjalan melewat dua pohon beringin kembar ditengah-tengah alun-alun kidul

nah, beberapa latihan diatas saat ini sudah tidak dilakukan lagi oleh para prajurit kraton. Saat ini alun-alun kidul digunakan sebagai ruang publik terbuka yang dapat digunakan oleh masyarakat umum sebagai sarana hiburan dan berekreasi. Beberapa wahana permainan yang dapat Anda gunakan di alkid diantaranya adalah :

  • Mobil kayuh
  • Naik andong
  • Masangin
  • Main balon sabun
  • dan lain sebagainya

Yang ditanggung dalam paket rental ini diantaranya :

  • Kendaraan yang nyaman dengan AC
  • Driver
  • BBM
  • Parkir

Yang tidak termasuk dalam paket rental

  • Tiket masuk tempat wisata
  • Makan dan minum
  • Tambahan lain

Pilihan Armada

Avanza / Xenia 5 Seats IDR 450.000
Innova 6 Seats IDR 600.000
Innova Reborn 6 Seats IDR 750.000
Elf Short 8 Seats IDR 900.000
Elf Long 13 Seats IDR 1.100.000
Hiace 12 Seats IDR 1.200.000

Harga Mulai : Rp. 450.000 / 10 jam

Anda dapat melakukan pesan paket melalui formulir berikut.

Choose Language